Halaman

Minggu, 03 November 2013

Bahaya mengkonsumsi air putih terlalu banyak


Air adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi tubuh manusia. Namun sesuatu yang melebihi batas kewajaran bisa berbahaya. hal ini berlaku untuk untuk semua minuman baik itu jus, air soda, kopi dan lain sebagainya.

jika seseorang kelebihan konsumsi air minum bisa mengakibatkan sodium dalam tubuh terlalu rendah. Sodium yang terlalu rendah bisa menyebabkan beberapa organ tubuh membengkak. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah bila tingkat sodium dalam tubuh terlalu rendah maka akan mengakibatkan sel-sel otak membengkak. Jika hal ini terjadi kejang-kejang, seseorang bisa kehilangan kesadaran, bahkan koma, hingga kematian. Maka biasakan mulai sekarang untuk mengkonsumsi air minum sesuai kebutuhan, bukan menenggak air banyak-banyak dalam sekali telan. Mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang lebih banyak dari kebutuhan tubuh akan meningkatkan volume darah dalam tubuh dan memaksa ginjal bekerja terlalu keras untuk menyaring air keluar dari sistem sirkulasi tubuh. Beban kerja terlalu besar pada ginjal akan mengurangi kemampuannya bekerja dengan baik.

Jumlah air maksimal yang boleh dikonsumsi seseorang adalah, 0,03 liter per kg berat tubuh. Misal, seseorang memiliki berat badan 70 kg, maka batas maksimalnya untuk mengkonsumsi air minum adalah 2,1 liter.

Semoga bermanfaat.


Sumber: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar