Halaman

Kamis, 14 November 2013

Mengapa bulan bersinar?


Pernahkah Anda bertanya mengapa bulan bersinar? Faktanya adalah bahwa bulan sebenarnya sangat gelap. Kita seharusnya tidak bisa melihat semuanya. Juga tidak seperti apa yang dahulu dianggap bulan tidak menghasilkan cahaya sendiri. Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya sangat menarik sekali. Bulan bersinar karena sebenarnya berperan sebagai cermin.

Jawaban umum kebanyakan orang tahu tentang mengapa bulan bersinar adalah karena memantulkan sinar Matahari. Ini pada dasarnya adalah benar. Sebenarnya misteri mengapa bulan memantulkan cahaya sama seperti kebanyakan benda di ruang angkasa, Bulan memiliki sebuah characterisitic reflektif disebut albedo. Albedo adalah seberapa baik obyek memantulkan cahaya. Karakteristik ini tampaknya cukup lurus ke depan. Material seperti es dan salju memiliki albedo yang sangat reflektif. Tanah dan Greenery memiliki albedo reflektif yang sangat rendah. Apa yang membuat bulan begitu menarik adalah bahwa ia memiliki Albedo sama dengan batubara . Itu berarti bahwa ia memiliki hampir tidak ada kualitas reflektif dekat. Jadi, bulan itu sebenarnya tempat yang cukup gelap.

Alasan mengapa bulan masih tampak begitu reflektif adalah karena efek yang menarik disebut efek oposisi. Efek oposisi pada dasarnya menyatakan bahwa beberapa jenis permukaan non reflektif kehilangan bayangan mereka ketika secara langsung di garis pandang dari sumber cahaya yang bersinar pada mereka. Ini sebabnya "jalan" di saat malam hari ketika diterangi oleh lampu akan tampak lebih terang. Alasan bulan dapat melakukan hal ini dengan baik adalah karena loose regolith yang menutupi sebagian besar permukaannya. Efek oposisi terkuat pada bulan ketika langsung di posisi yang berlawanan dari matahari dalam kaitannya dengan Bumi.

Semoga bermanfaat.


Sumber: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar