Halaman

Senin, 11 November 2013

Ketika amal baik dan amal buruk ditimbang


Assalamu'alaikum wr. wb.

Setelah satu persatu manusia yang ada di Padang Mahsyar menghadap Allah untuk bersoal jawab dan menerima buku catatan amal masing masing, datanglah saatnya manusia untuk ditimbang amal baik dan amal buruk nya. Mereka yang berat timbangan kebaikannya maka ia berada dalam kehidupan yang menyenangkan didalam taman syurga yang penuh kenikmatan. Mereka yang ringan timbangan kebaikannya atau berat timbangan keburukannya maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyyah, yaitu api yang amat panas membakar sampai ke ubun ubun. Allah menyebutkan peristiwa menimbang amal kebaikan dan keburukan ini didalam surat al Qoriah.

"Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,  maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. (Al Qori’ah 6-9)"

Allah akan memasang timbangan yang tepat dan memiliki akurasi tinggi, sehingga seseorang dihari itu tidak akan dirugikan sedikipun. Sekecil apapun amal baik atau amal buruk seseorang walaupun hanya sebesar telur kutu miscaya tidak akan luput dari timbangan itu. Allah menyebutkan peristiwa itu dalam  surat Al Anbiya’ 47

"Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. (Al Anbiya’ 47)"

Barang siapa yang berbuat kebaikan walaupun seberat atom pasti akan menemui balasannya, demikian pula barang siapa yang berbuat keburukan walaupun seberat atom pasti akan menemukan balasannya pula

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Al Zalzalah 7-8)"

Semoga bermanfaat. Wasalamu'alaikum wr. wb.


Sumber: fadhilza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar