Halaman

Jumat, 08 November 2013

Manfaat dan kegunaan mentimun


Siapa sih yang tidak tahu buah mentimun? Ya hampir seluruh orang mengetahuinya, kadang dihidangan sebagai lalapan ataupun pencuci mulut. Tetapi tidak disangka buah mentimun yang dalam bahasa latin bernama Cucumis sativus ini memiliki manfaat yang sangat berguna jika kita mengkonsumsinya. Berikut manfaatnya:

Perawatan kulit 
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Fungsi pencernaan
Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

Tekanan darah
Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal.

Dan masih banyak lagi segudang manfaat dari mentimun karna buah-buahan memang sangat bagus untuk kesehatan asalkan tidak berlebihan.

Semoga bermanfaat.


Sumber: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar